GLOBAL WARMING

| |

Pemanasan global atau global warming adalah adanya proses peningkatan suhu atmosfer, laut, dan daratan bumi. Global warming sekarang menjadi berita yang paling disorot oleh berbagai pihak yang prihatin terhadap kondisi lingkungan sekarang ini. Banyak factor yang menyebabkan Global Warming, menurut para ahli, factor-faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1. Makin berkembangnya produksi ternak.
2. Maraknya pembalakkan liar.
3. Penggunakan energy berbahan fosil secara berlebihan.
4. Masih kurangnya kesadaran masyarakat mengenai lingkungan.

Memang masih banyak lagi factor-faktor yang menyebabkan global warming, tetapi menurut saya cukup empat factor ini terlebih dahulu yang harus diperhatikan, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Mungkin ada yang masih awam mengenai mengapa produksi ternak turut berpartisipasi dalam meningkatkan suhu dipermukaan bumi yang akhirnya memicu terjadinya global warming. Yang pertama perlu diketahui adalah produksi ternak merupakan penyumbang terbesar bagi emisi GHG yang dihasilkan dari kotoran ternak. Dan emisi GHG ini yang paling berperan dalam meningkatnya panas bumi. Bukan hanya kotorannya saja, tetapi daging yang dihasilkan yang untuk kemudian dimakan oleh manusia juga berdampak pada pemanasan global. Dan banyak hal lagi menyangkut peternakan yang menjadi pemicu meningkatnya panas bumi. Tentu saja bukan hanya peternakan yang menjadi penyebab utama dalam pemanasan global, di berbagai Negara termasuk Indonesia sekarang ini masih banyak pembalakkan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang tentu saja hal ini akan menyebabkan meningkatnya polusi udara karena berkurangnya jumlah pohon yang berfungsi sebagai penyerap CO2.
Perlunya peranan pemerintah dalam memberi perhatian lebih terhadap masalah lingkungan, dan juga dibutuhkannya kerja-sama terhadap berbagai elemen dalam masyarakat untuk bersama-sama merawat lingkungan. Memang cara-cara ini sudah dilakukan tapi menurut saya masih banyak elemen masyarakat yang masih belum tanggap terhadap masalah lingkungan, baik dari anak-anak maupun orang dewasa. Mungkin dengan meningkatkan sosialisasi terhadap bahaya global warming yang dampaknya sudah kita rasakan sekarang ini, dan juga menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dapat mengurangi pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar