Kasus Bank Century

| |


Bank Century yang saat ini menjadi kasus yang paling disoroti oleh masyarakat Indonesia ternyata menyimpan suatu rahasia yang dinilai oleh sebagian orang dapat menghancurkan pemerintahan sekarang ini. Dalam menanggapi kasus ini ada beberapa oknum yang mencoba untuk menggalinya dan dipublikasikan kepada masyarakat luas, yang belum tentu hasil penelitiannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Berbagai tanggapan miring dari masyarakat terhadap kinerja pemerintahan sekarang yang kurang tegas dalam menanggapi kasus ini, menjadi agenda tersendiri bagi pemerintah. Terdapat keganjilan dan keanehan pada kasus bank Century ini, kenapa bank daerah yang tidak terkenal mendapat kucuran dana trilyunan rupiah dari pemerintah. Berbagai dugaan mengenai terlibatnya berbagai petinggi dalam pemerintahan, dan juga penggunaan dana tersebut untuk kepentingan kelompok tertentu mulai tersebar. Boediono selaku wakil presiden Indonesia, dan juga Sri mulyani menjadi momok yang memegang peranan penting dari kasus Bank Century ini.
Menurut sebuah buku yang berjudul “ Membongkar Gurita Cikeas”, Bank Century merupakan central pengumpulan dana bagi sebuah partai yang pimpinan utamanya disebut sebagai Gurita Cikeas. Yah meskipun si penulis buku tidak menyebutkan dirinya memperoleh informasi darimana, dan kekonkritan isi bukunya yang masih dipertanyakan, akan tetapi banyak dari pernyataan-pernyataan dalam buku tersebut yang masuk ke dalam akal sehat. Siapa Gurita Cikeas itu? Silahkan tebak sendiri. Dan dengan salah satu tangan guritanya, si gurita Cikeas secara tidak langsung memberi perintah untuk memberi kucuran dana kepada Bank Century. Rumit memang, tapi beginilah kondisi politik di Indonesia yang sedang dalam kondisi krisis.
Memang politik itu kejam tergantung darimana memandangnya, dimana dalam politik tersebut kita bisa memperoleh kekuasaan, kekayaan, dan ketenaran tergantung cara menerapkannya dan cara apa yang dipakai. Sejauh pemantauan saya, memang politik itu kejam siapa yang kuat dan berkuasa dia yang menang. Dan siapa yang pintar dan mempunyai banyak koneksi, dia pula yang mendekte. Kasus Bank Century ini merupakan aib bagi Negara Indonesia sendiri yang perlu untuk ditindak secara tegas. Tidak perduli siapa dalang dari semua ini yang pasti jika kasus ini tidak kunjung selesai maka dapat dipastikan adanya krisis ketidak percayaan dari masyarakat terhadap pemerintah.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wis...gambare serem e......

Posting Komentar